Modul Pelatihan Pengembangan Kapasitas Pada Sistem Pencegahan Dan Pengendalian Kebakaran Berbasis Masyarakat Di Hutan dan Lahan Gambut Tropis

Kebakaran hutan dan lahan gambut tropis hampir terjadi pada setiap tahunnya dalam kurun waktu dua dekade belakangan ini. Bencana kebakaran berpengaruh sangat buruk pada satwa liar, kesehatan manusia, dan perekonomian. Frekuensi dan luasnya kebakaran hutan dan lahan gambut di Indonesia yang terjadi setiap tahun merupakan bukti bahwa program dan langkah-langkah pencegahan kebakaran yang efektif dan sistem pengendalian dini belum ada. Kesadaran pelaku usaha dan masyarakat terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan gambut tropis belum memadai.
Pencegahan kebakaran berbasis masyarakat sebenarnya lebih diarahkan kepada tindakan pencegahan kebakaran dini, meminimalisir timbulnya api dan sedapat mungkin melakukan pemadaman disaat api masih kecil sehingga api tidak menyebar dan menimbulkan bencana kebakaran. Pelatihan yang diberikan kepada masyarakat sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, dan target utama pelatihan adalah anggota Regu Siaga Api (RSA) yang ada atau yang akan dibentuk. Untuk itu penilaian kapasitas dan kebutuhan RSA perlu dilakukan sebelum menentukan pelatihan apa saja yang diperlukan bagi mereka.